Sabtu, 20 September 2014

Cara Memperbaiki Keypad yang bermasalah

 

Cara Memperbaiki Keypad HP
Keypad merupakan salah satu komponen ponsel yang sering mengalami kerusakan setelah usia ponsel cukup tua. Kerusakan pada keypad biasanya berjalan secara bertahap, dari satu tombol ke tombol lainnya hingga sebagian banyak keypad tidak bisa digunakan secara normal.

Jika Anda malas untuk memperbaiki sendiri, Anda bisa langsung membawanya ke servis handphone terdekat. Dan bagi Anda yang lebih memilih untuk berhemat serta melakukan perbaikan sendiri, berikut ini adalah panduan cara servis keypad handphone yang rusak.

Jika salah satu keypad dapat ditekan tetapi tidak berfungsi, misalnya angka 1, periksa dan uji tegangan (volt) pada tombol 1, maka tegangan (volt) yang keluar adalah 0 V, itu berarti tidak ada tegangan (volt) yang keluar. Kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh koneksi yang buruk pada jalurnya, coba Anda bersihkan dulu lempengan kuningan keypad pada PCB dengan menggunakan penghapus pencil. Jika masih belum berhasil maka silakan lakukan proses jumper dengan cara : Misalnya tadi angka 1 yang tidak berfungsi maka jumperlah angka 1 tadi dengan angka 3 (horisontal) dan angka 6 (vertikal), jumper 'bulatan luar' lempengan kuningan antara angka 1 dengan angka 2 (secara horisontal), lalu jumper 'bulatan dalam' lempengan kuningan antara angka 3 dengan angka 6 (secara vertikal).

Apabila semua keypad tidak berfungsi, silakan periksa dan uji terlebih dahulu apakah IC Power masih baik, lakukan pemanasan jika IC Power masih baik, atau gantilah IC Power dengan yang baru jika ternyata IC Power sudah rusak. Setelah itu lakukan program ulang atau yang biasa disebut flash.

Jika salah satu keypad pada saat ditekan yang keluar tidak sama, misalkan kita tekan angka 4 tetapi yang keluar angka 1. Silakan periksa dan uji tegangan (volt) pada tombol 4, maka tegangan (volt) yang keluar adalah 2.0 V. Kerusakan seperti ini bisa disebabkan oleh koneksi yang kurang baik, silakan lakukan proses jumper seperti cara di atas.

Read more: http://www.hponselpc.asia/2013/06/cara-memperbaiki-keypad-handphone.html#ixzz3DuyRCvcM

1 komentar:

andreas mengatakan...

nice infonya gan
https://www.mmionline.net/

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host